Kenapa Marquez dan Rossi Kembali Berseteru di Misano 2019?

Kenapa Marquez dan Rossi Kembali Berseteru di Misano 2019?

Asked on September 17, 2019 in Gosip MotoGP.
Add Comment
2 Answer(s)
Best answer

Insiden perseteruan Marquez dan Rossi di Misano terjadi di sesi kaulifikasi MotoGP.  Seperti pada sesi kualifikasi MotoGP Silverstone, Marquez mengikuti Rossi di sesi akhir kualifikasi untuk mendapatkan slip stream dan meraih posisi terdepan saat balapan.

Namun, bedanya kali ini Marquez melakukan overtake di tikungan 11 dan melebar dan kondisi tersebut membuat Rossi kembali melakukan overtake. Marquez mengaku bahwa ia melakukan overtake karena melihat Rossi melewati garis hijau di lintasan yang artinya catatan waktu Rossi tidak akan masuk hitungan kualifikasi.

“Di sesi akhir kualifikasi, saya sengaja membiarkan Rossi untuk melaju lebih dahulu. Kemudian saya melihat dia menginjak garis hijau di lintasan yang artinya catatannya tidak akan diperhitungkan”

“Kemudian saya melakukan overtake dan tidak tahu kenapa Rossi malah menambah kecepatannya dan kemudian melakukan overtake meski sudah menginjak garis hijau di lintasan,” ungkap Marquez seperti dikutip dari Crash.

Sementara itu, Rossi mengaku bahwa dia tidak mengetahui bahwa dirinya menginjak garis hijau dan merasa overtake Marquez tersebut membuatnya kehilangan banyak waktu.

“Saya memang selalu keluar tikungan tersebut di ujung track dan saya tidak mengetahui bahwa saya menyentuh garis hijau sehingga terus melaju.”

“Jadi saat itu adalah peluang terakhir saya untuk mencatatkan waktu terbaik dan hanya mengetahui beberapa waktu kemudian bahwa saya menyentuh garis hijau,”

“Terkait insiden dengan Marquez, seperti yang saya jelaskan, saat itu adalah peluang terakhir saya sehingga saya melaju motor saya dengan 100% dan kemudian Marquez melakukan overtake di tikungan 11 dan tentu saja ini membuat saya kehilangan banyak waktu,” lanjut Rossi.

“Namun, saya melihat Marquez menyentuh garis hijau saat melakukan overtake,”

“Saya kemudian mencoba untuk tetap berada di dalam karena saya berharap dia akan menurunkan kecepatan namun faktanya dia tetap berada di dalam lintasan. Saya kemudian melakukan overtake kembali namun kali ini saya melebar. Akhirnya, kami kehilangan kesempatan untuk memperbaiki catatan waktu di kaulifikasi.” tutup Rossi.

Jadi, kalau menurut pengakuan Marquez dan Rossi tersebut sebenarnya terjadi karena salah paham. Ini dia video insiden Marquez vs Rossi di Misano:

Namun, beberapa pebalap MotoGP seperti Jorge Lorenzo dan Morbidelli memiliki pandangan yang berbeda terkait insiden tersebut.

“Menurut saya, Rossi tidak melakukan kesalahan dan sepertinya Marquez kurang memperhitungkan waktu dengan baik,” ujar Morbidelli seperti dikutip dari MotoGP.com.

Senada dengan Morbidelli, Lorenzo menambahkan bahwa Rossi tidak mengizinkan Marquez mengambil keuntungan darinya.

“Di seri sebelumnya (Silverstone), Marquez mengikuti Rossi untuk mendapatkan slip stream. Namun, kali ini Valentino tidak mengizinkannya.” tambah Lorenzo.

Jadi, menurut saya insiden itu murni salah paham saja dan memang bagus untuk mendongkrak pamor MotoGP 🙂

Answered on September 17, 2019.

Marc Marquez memang terkenal selalu mencoba mendapatkan keuntungan seperti dengan memanfaatkan slip stream…tidak ada aturan yang melarang memang, tapi kalau pebalap yang diikuti tidak suka (karena bukan sesi race atau duel), ya insiden seperti ini bakal sering terjadi.

Beda hal jika ini terjadi di sesi balapan…

on September 17, 2019.
Add Comment

Itu karena Rossi tidak suka diambil slip streamnya sama Marquez saat kaulifikasi dan nutup jalan hingga jadi baik Marquez dan Rossi malah akhirnya tidak bisa meraih catatan bagus di sesi kaulifikasi.

Answered on September 17, 2019.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.