Legenda MotoGP Kenny Roberts mengatakan motor 500cc tidak bisa menggunakan ban bekas di era MotoGP yang memiliki traksi tinggi karena tenaganya yang besar.

Roberts mengatakan sasis sepeda motor 500cc tidak akan tahan terhadap cengkeraman ban modern yang mulus. Dibandingkan dengan motor 500cc yang bertenaga, mesin empat langkah modern jauh lebih baik dan lebih mudah dikendalikan.

“Motor lima silinder Honda terlihat lebih baik. Bukan seperti motor 500cc seperti yang saya pakai,” kata Roberts mengenang tes RC211V.

“Sepeda 500cc sangat kejam. Anda hanya perlu menyentuh bensin dan akan melaju kencang. Sepeda motor empat tak seperti yang kami miliki sekarang tidak terlalu kritis.”

MotoGP di era modern telah menggunakan sistem elektronik yang memudahkan pengoperasian motor dan pengendara dapat mengontrol kecepatan motornya.

“Perbedaan terbesar dengan motor masa kini adalah cengkeramannya yang besar. Itu memungkinkan mereka untuk berputar serendah mungkin. Semuanya tergantung pada seberapa dekat motor ke aspal,” kata Roberts.

“Jika motor saat ini tidak memiliki ban dengan traksi yang besar, maka akan menggunakan aspal. Sedangkan motor 500cc akan terbelah jika dipasang ban modern.

“Tidak mungkin mengendarai sepeda motor ini sepenuhnya menggunakan ban traksi tinggi.”

Saat masih aktif sebagai pebalap, Kenny Roberts selalu mengeluhkan sasis motor 500cc yang terlalu ringan dan mudah patah. Hal tersebut membuat dirinya tidak mampu memaksimalkan potensi motor tersebut karena takut akan sesuatu yang tidak diinginkannya.

“Saya punya masalah dengan ban Goodyear di beberapa trek. Saya merasakan sasis berubah dari segala bentuk saat kami berada di sudut cekung. Ini membuat Anda tidak bisa balapan,” kata pria 47 tahun itu.

Itu sebabnya saya tidak yakin motor 500cc tidak bisa dikendarai dengan ban MotoGP.

Sumber: Motorsport.com

Temukan tas untuk dinaiki 👉 @mocobags

Author

Write A Comment